Home » » Makna Lambang Kab.Demak

Makna Lambang Kab.Demak

Unknown | 3:54 AM | 0 comments

Makna Lambang Kab.Demak



Arti Logo :
Bentuk Lambang daerah Kabupaten Demak berupa perisai yang berbentuk dasar segitiga lengkung melambangkan pertahanan dan keamanan lahir dan batin.

Makna Lambang :
Sebagaimana tercantum dalam Peraturan Daerah Kabupaten Demak tanggal 17 Agustus 1972 tentang Lambang Daerah Kabupaten Demak yang mengartikan makna motif-motif di dalam lambang dan pengapitnya sebagai berikut :

Lukisan bintang persegilima warna kuning emas: melambangkan hasrat masyarakat Demak untuk mengamalkan Pancasila dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Dasar biru dan kuning: menunjukkan geografis daerah Kabupaten Demak adalah daerah pantai dan rawa, yang mana setiap tahun waktu musim penghujan terlalu banyak air dan musim kemarau sangat kekurangan air.
Masjid: menunjukkan arti kebesaran Masjid Agung Demak sebagai hasil kebudayaan khas Demak.
Ruang masjid berjumlah 9 (sembilan): melambangkan tempat musyawarah Walisongo. Beringin: melambangkan keadilan dan kebenaran serta penyayang.
Tombak berdiri tegak lurus: melintas ke atas di tengah ruang masjid yang mengandung arti kepahlawanan revolusi 1945 melawan penjajahan.
Empat garis bergelombang laut berwarna biru: menunjukkan bahwa Demak memiliki potensi hasil laut; Perahu layar mengandung arti kepahlawanan armada pimpinan Adi Pati Unus.
Padi dan kapas: menunjukkan arti potensi bahan baku sandang dan pangan; Jumlah butir padi 17, kapas 8, gelombang laut 4 di setiap 5 garis putih, hal tersebut menunjukkan tanggal Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945.
Share this article :

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hamz Jr. Corporation - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger