Home » » Pertolongan Pertama Pada Demam

Pertolongan Pertama Pada Demam

Unknown | 6:58 AM | 0 comments
Salam semua sobat blogger :
Pertolongan Pertama Pada Demam


1. Ukur Suhu,  jangan mengukur suhu dengan menggunakan punggung tangan yang ditempel di dahi. Cara konvensional ini sangat diragukan  akurasinya. Lebih baik gunakan  thermometer air raksa atau ddigital. Jepit thermometer tersebut di ketiak atau di bawah lidah selama lebih kurang 30 detik pada thermometer digital dan 3 menit pada thermometer air raksa.

Sebelumnya, pastikan thermometer air raksa dikibaskan terlebih dahulu sampai air raksanya menunjukan angka di bawah 36 derajat celcius.  Sementara pada thermometer digital, angka harus menunjukan angka  nol.  Ulangi kembali setiap empat jam.




2. Banyak Minum Air,  sejalan dengan meningkatnya suhu tubuh, hal yang paling penting dikhawatirkan adalah tubuh mengalami deehidrasi.  Untuk mengantisipasinya, banyak-banyak minum air putih dan buang air kecil.  Lebih baik lagi kalau minum jus buah yang berkasiat menurunkan panas tubuh.

Dengan makin sering kita minum,  keringat akan banyak keluar,  itu pertanda proses netralisasi pembakaran dalam tubuh.  Biasanya setelah itu suhu tubuh kita normal kembali.

3. Kompres, biasanya sebelum demam tubuh akan mengigil, dalam kondisi seperti ini, segera selimuti tubuh agar terjadi panas tubuh.  Begitu tubuh mulai memanas, ganti baju dengan bahan yang lebih tipis .  Kalau dalam ruangan ber AC, biarkkan ruangan dalam keadaan dingin, atau kencangkan kipas angin, namun jangan diarahkan ke tubuh kita, nanti malah masuk angin.

Kemudian kompres tubuh dengan air hangat, bukan air dingin. Air hangat justru lebih mempercepat proses penurunan panas tubuh.

Bisa juga  mengompresnya dengan alkohol 70 persen. Tapi pastikan kita hanya mengompresnya di daerah perut. Seka daerah ketiak dan lipatan paha.  Lakukan cara ini terus-menerus sampai suhu tubuh normal kembali.

4. Minum Obat Penurun Panas, biar demam cepat kembali normal, minumlah obat penurun panas seperti paracetamol, aspirin, atau ibuprofen.  Pastikan kita meminumnya sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan obat tersebut.  Namun kalau kita cenderung alergi terhadap obat-obatan tertentu, jangan ambil resiko, langsung konsultasi kedokter saja.

5. Konsumsi Vitamin C, sambil menunggu demam mereda, konsumsi makanan bergizi. Sertakan juga buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu, atau pepaya.

Memang dalam keadaan  demam, jangankan makan, tidur saja tidak nyaman.  Namun makanan yang bergizi khususnya vitamin C, sangat baik untuk menjaga ketahanan tubuh.  Selain itu vitamin ini juga bisa cepat mengganti sel-sel tubuh yang sudah mati.
Share this article :

0 comments:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Hamz Jr. Corporation - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger